8 Tips Belajar Desain Web

Beranda Forum Web Design 8 Tips Belajar Desain Web

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  asepx 1 minggu, 6 hari yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #159

    asepx
    Participant

    Design situs adalah satu diantara bagian design yang menyatukan beragam ketrampilan dalam satu tempat. Ini buat beberapa orang bingung saat mulai belajar design situs. Haruskah belajar pemrogramannya terlebih dulu? Atau mungkin mesti mulai dengan mendesain di Photoshop? Artikel ini juga akan mengulas sebagian panduan yang semoga memudahkan Anda untuk belajar design situs.

    1. Mulai dengan Pelajari Design Minimalis

    Design minimalis adalah style design pertama yang perlu Anda kuasai. Dalam design minimalis, Anda dituntut untuk hasilkan design yang efisien tanpa ada butuh disibukkan dengan bebrapa detil yg tidak demikian perlu. Dengan kuasai design minimalis, jadi sesungguhnya Anda sudah menggerakkan maksud paling utama yang diinginkan dalam design situs yakni buat website yang berperan.

    2. Senantiasa Mulai dengan Susunan yang Matang

    Problem yang seringkali berlangsung adalah kerapkali si desainer sangat disibukkan dengan bebrapa detil kecil seperti struktur, warna, atau font. Walau sebenarnya hal perlu pertama yang perlu dipikirkan adalah berencana susunan website. Satu situs (blog) mempunyai susunan berlainan dengan portfolio karna berisi lebih cepat diperbaharui. Situs (blog) perusahaan mempunyai style berlainan dengan situs (blog) personal.

    Oleh karenanya, langkah awal mendesain situs tidak dikerjakan di Photoshop. Tapi, dengan coretan-coretan pensil di selembar kertas. Detail-detail kecil seperti struktur atau warna website dapat ditetapkan sesudah susunan perlu berhasil didapat. Senantiasa mulai dengan buat susunan situs.

    3. Senantiasa konsentrasi Pada Peranan

    Situs desainer tidaklah seseorang seniman. Situs desainer adalah seseorang desainer yang mempunyai pekerjaan mengemukakan pesan lewat website. Jadi, fokuslah pada peranan website bukanlah pada hiasan-hiasan serta pernak-pernik website.

    Animasi memanglah menarik. Gambar latar besar juga tampak bagus. Tapi, sebelumnya memakainya tanyakanlah pada diri Anda “Apakah yang memiliki serta pengunjung website membutuhkannya? ” Untuk mengerti peranan dalam design situs, lakukan untuk teratur membaca artikel berkaitan usability serta user experience. Rujukan yang bagus dapat Anda dapatkan di Smashing Magazine serta useit.

    4. Ikuti Susunan Design Situs Yang Telah Baku

    Mungkin saja Anda sudah memerhatikan kalau umumnya situs (blog) mempunyai susunan dua kolom dengan sidebar di kanan serta logo di kiri atas. Layout ini dipakai beberapa orang karna kenyataan simpel, berhasil. Studi usabilitas tunjukkan kalau pengunjung telah punya kebiasaan dengan sidebar di kanan serta isi situs (blog) di kiri. Pengunjung juga dengan alami ketahui doa qunut kalau bagian kiri atas diisi jati diri website yang bila diklik juga akan membawanya ke halaman depan. Bila Anda mendesain situs (blog), jadi peluang besar layout berikut yang perlu Anda pakai.

    Design situs sudah berkembang cepat serta semuanya standard yang ada sekarang ini adalah hasil riset melelahkan beberapa pakar. Jadi, jangan sampai berasumsi layout design dua kolom atau teks hitam diatas putih jadi menjemukan. Janganlah sangsi untuk memakainya cuma karna orang yang lain memakainya juga.

    5. Cermati Tren Design Situs Waktu Ini

    Seperti type design yang lain, design situs juga mempunyai trendnya sendiri. Umpamanya, tren sekarang ini adalah ramainya pemakaian struktur dengan lembut (subtle). Anda dapat peroleh info tren yang ada sekarang ini dengan memerhatikan design bebrapa website terpenting, website portfolio desainer seperti dribbble, atau lewat design popular di marketplace seperti themeforest.

    6. Kuasai Software yang Digunakan

    Satu hal yang butuh dipahami adalah Anda tidak mesti kuasai semuanya segi tehnis dalam mendesain situs. Mungkin saja seseorang desainer situs cuma pandai Photoshop tanpa ada dapat sedikitpun CSS atau demikian sebaliknya. Kekurangan ini dapat dikerjakan dengan mencari mitra beda yang mempunyai skill berlainan dengan Anda.

    Anda juga tidaklah perlu mempermasalahkan software yang dipakai dalam mendesain. Beberapa desainer pilih Photoshop serta beberapa sekali lagi pilih Fireworks. Silahkan tentukan software yang Anda sukai serta kuasailah dengan benar-benar.

    Satu hal yang butuh dipahami adalah Anda tidak mesti kuasai semuanya segi tehnis dalam mendesain situs. Mungkin saja seseorang desainer situs cuma pandai Photoshop tanpa ada dapat sedikitpun CSS atau demikian sebaliknya.

    7. Tekuni Dasar-dasar Tipografi

    Tipografi situs adalah ruang detil yang begitu perlu tetapi kerapkali diremehkan. Tipografi memegang peranan perlu karna menjembatani pesan dari yang memiliki website pada pengunjungnya.

    Cermati juga kalau tipografi dalam design situs berlainan dengan design di medium yang lain. Teks di website dapat keluar dalam browser berlainan dengan gabungan font yang berlainan. Oleh karenanya, manfaatkanlah saat Anda untuk pelajari gabungan font serta setting yang relatif bermanfaat dalam semuanya keadaan.

    8. Janganlah Lupakan Whitespace

    Whitespace adalah ruang kosong yang berikan ruangan bernafas untuk pengunjung website. Whitespace memberi ruangan untuk pengunjung untuk konsentrasi pada beberapa ruang spesifik dan memberi susunan yang logis pada penampilan website. Tanpa ada whitespace, website juga akan tampak sangat penuh serta membingungkan pengunjung.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.